Cireboner - Ciremai Weekend Adventures - Ojek Wisata Cirebon - Ojek Wisata Kuningan - Souvenir Khas Cirebon - Souvenir Asli Cirebon - Ngebolang ke Cirebon
Have question?
News
  • sewa tenda cirebon

    Untuk mengakomodasi kebutuhan para outdoor bolanger yang pengen praktis dan ekonomis dalam penyediaan alat-alat camping, maka cireboner.com bekerjasama dengan Cirebon Power Rider, memberikan solusi dengan menyewakan alat kelengkapan camping download pricelist

  • Korban pertama Green Canyon Majalengka

    Adapun identitas dalam buku masuk pengunjung di pos kedua objek wisata Gua Lalay, ke-13 mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah itu antara lain, Amar 19, Ciputat, Tanggerang Se latan; Faujan, 22, (Pamulang); Ahmed, 20, (Pamulang); Kelaudia, 21, (Ciputat); Regina, 19, (Tanjung Priok); Fitri, 19, (Ciputat); Adjim, 21, (Pondok Cabe); Syla, 19, (Curug, Bogor); Ewa 19, (Bintaro); Ratri, 18, (Gunung Putri, Bogor); Ulfa, 18, (Ciputat); Vidya, 18, (Pamulang), dan Dodo, 19, Ligung Lor, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka.

  • Stasiun Kejaksan Cirebon

Visits:
Today: 60All time: 115185

Adakah Green Canyon-nya Cirebon?

Bolanger Notes » Adakah Green Canyon-nya Cirebon?

  • ojek wisata cirebon hunting
    ojek wisata cirebon hunting
  • ojek wisata cirebon hunting
    ojek wisata cirebon hunting
  • ojek wisata cirebon hunting
    ojek wisata cirebon hunting
  • ojek wisata cirebon hunting
    ojek wisata cirebon hunting
  • ojek wisata cirebon hunting
    ojek wisata cirebon hunting
  • ojek wisata cirebon hunting
    ojek wisata cirebon hunting
  • ojek wisata cirebon hunting
    ojek wisata cirebon hunting
  • ojek wisata cirebon hunting
    ojek wisata cirebon hunting
  • ojek wisata cirebon hunting
    ojek wisata cirebon hunting

Berawal dari racun yang ditebar oleh para trail adventurer yang katanya pernah menemukan lokasi eksotis di sisi Cirebon dan layak untuk menjadi green canyonnya Cirebon, maka aku mulai mencarinya.

Pencarian pertama pun dimulai, dengan sedikit ragu karena paling yang akan aku temukan hanyalah sungai kecil yang jauh dari kriteria pantas dari “green canyon”.


Namun itu tidak semuanya benar, karena bahkan di pencarian pertama, aku sudah menemukan sisi lembah Gronggong yang keren, dan siapapun tidak akan menyangka bahwa ada sisi indah di Cirebon.

Yup tepat berada di bawah puncak gronggong, kita bisa menemukan jalur semi offroad dengan hutan jati yang sudah mulai lebat, tidak bisa dikatakan ekstrim memang, tetapi cukup mengasyikkan.

Di area itu sebenarnya ada lebih dari satu sungai yang bagus untuk disusuri, tetapi satu lubang goa-goa buatan yang aku temukan, cukup bisa menahanku berlama-lama disana dan menunda untuk menyusuri sungai-sungai yang tak jauh berada disisi lainnya.

Sampai tulisan ini aku buat, aku belum menemukan info nama dan apa yang sebenarnya terjadi disana sebelumnya apakah bekas penambangan pasir atau batu sebelumnya? Atau yang lainnya? Karena pada kenyataannya kalau cuman batu maka tidak perlu repot menggali, ada banyak batu terdapat disungainya, sedangkan kalau pasir, dikedalaman yang sekarang, hanya ada lumpur. Who knows?

Goa-goa buatan itu berada di dasar tebing sebuah lubang cerukan menyerupai danau, ditengahnya masih terdapat air yang pastinya lumayan dalam, terbukti dari kedalaman kakiku terperosok di lumpur tepiannya.

Salah satu sisi tebingnya teraliri air terusan dari sungai yang berada diatasnya, sehingga menciptakan air terjun yang deras dengan ketinggian tak kurang dari 8 meter, dan saat itu sedang musim kemarau!.

Bisa dibayangkan jika musim hujan menjelang, air danau bisa naik mencapai bibir goa, dan air terjunnya akan lebih deras lagi, tumbuhan menghijau dan burung yang terdapat bersemayam akan semakin riuh bernyanyi so nature…. Aku pastikan akan kesana lagi musim hujan nanti!

Oh iya pada saat itu aku bertemu dengan serombongan kecil komunitas pecinta alam dari SMA 3 Cirebon a.k.a STAPALA (Thanks to Bro Imam Abdillah yang sudah berkenan mengkoreksi dan klarifikasi -17/02/2015- next kita ngebolang bareng ya..) yang sedang berada disana, lengkap dengan seragam kebesaran PA nya mereka mengexplore uniknya area itu, kami sempat ngobrol tapi lupa mengabadikannya dalam sebuah photo …huft!

Susur sungai kering itu juga sempat aku lakukan sebelum turun kedasar cerukan, tetapi disitu aku tidak menemukan celah batuan atau tebing yang masuk kategori wow! Masih terlalu jauh dari pantasnya disebut Green Canyonnya Cirebon.

Mungkin sungai lainnya yang berada tak jauh dari situ, yang belum sempat aku susuri kedalamannya, dan aku semakin optimis, karena menurut bocah pribumi yang polos mengatakan, bahwa sungai disisi lainnya itu jauh lebih besar dan dalam, wew…!

Dan aku akan kembali mencari …

 

Facebook
PRchecker.info